Tugas Akhir/Skripsi

Tugas akhir (TA) atau skripsi adalah mata kuliah terakhir yang harus diambil oleh mahasiswa Program Studi Geofisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (PSG FMIPA) untuk menyelesaikan studi dan memperoleh gelar Sarjana Sains (S. Si.) dari PSG FMIPA Universitas Bengkulu. Mata kuliah ini memiliki bobot 4 sks dan dibimbing oleh 2 orang dosen pembimbing. TA dapat diselesaikan melalui jalur publikasi ilmiah atau jalur evaluasi. Jalur publikasi ilmiah yang diakui adalah publikasi di Jurnal Nasional SINTA‑2 atau SINTA‑1 maupun Jurnal Internasional yang terindeks. Mahasiswa harus menjadi penulis utama, dosen pembimbing sebagai penulis kedua dan ketiga. Coresponding author adalah salah satu dosen pembimbing. Sedangkan jalur evaluasi adalah dengan mengikuti tahapan-tahapan yang dimulai dari seminar proposal, dan ujian siding TA. Ketentuan mengenai pembimbing skripsi mengikuti Peraturan Rektor UNIB tentang pelaksanaan kegiatan akademik yang berlaku di Universitas Bengkulu. Pembimbing TA, minimal satu orang dosen PSG FMIPA UNIB baik sebagai Pembimbing Utama maupun Pembimbing Pendamping dengan tetap mengikuti ketentuan yang berlaku. Sedangkan untuk penguji, minimal dua orang penguji yang sesuai dengan topik TA masing-masing mahasiswa.

Seminar Proposal

Seminar proposal merupakan evaluasi tahap pertama yang harus dilalui oleh mahasiswa yang menempuh jalur evaluasi untuk menguji kelayakan dari rencana TA yang akan dilakukan. Seminar proposal dijadwalkan dua kali dalam sebulan yang dilaksanakan pada hari Jum’at. Untuk dapat melakukan seminar proposal, mahasiswa diharuskan untuk mendaftar secara online dengan mengisi form isian berikut: http://bit.ly/daftarSempropFisika2021. Setelah mahasiswa mengisi form, tahapan selanjutnya mahasiswa diminta untuk melengkapi berkas yang dikumpulkan kepada penanggungjawab mata kuliah TA PSG.

Persyaratan dokumen Seminar Proposal

  1. Cover/ sampul proposal yang disetujui PU dan PP
  2. KRS yang memuat TA/Skripsi
  3. Sertifikat Asisten/Praktikum Lapangan
  4. Transkrip sementara yang sudah diperiksa oleh Pembimbing Akademik (PA)
  5. Fotokopi bukti pembayaran SPP terakhir

Batas pendaftaran seminar proposal adalah minimal lima hari sebelum seminar dilaksanakan. Pada pelaksanaan seminar proposal, selain mahasiswa yang bersangkutan dan dosen pembimbing serta penguji, seluruh dosen Jurusan Fisika diundang untuk menelaah/menghadiri kegiatan ini.

Sidang TA

SidangTA adalah tahap akhir yang diharus dilakukan oleh mahasiswa Prodi Fisika untuk mendapatkan gelar S.Si. Untuk dapat melaksanakan sidang TA, mahasiswa diminta untuk mendaftar secara online dengan mengisi link pendaftaran berikut: http://bit.ly/UjianSkripsiFisika2021 . Tahap selanjutnya adalah mahasiswa melengkapi persyaratan untuk mengikuti sidang TA yaitu:

1. Cover skripsi yang disetujui pembimbing untuk Sidang Akhir
2. Transkrip sementara
3. Surat Keterangan Bebas pinjaman Lab
4. Surat Keterangan Bebas Pinjaman Zakat
5. Surat Keterangan Bebas Perpustakaan
6. Bukti bayar SPP terakhir

Batas pendaftaran sidang TA adalah minimal lima hari sebelum sidang TA dilaksanakan. Sidang TA hanya dihadiri oleh mahasiswa yang bersangkutan, dosen pembimbing dan penguji.

Alur Pendaftaran Seminar Proposal dan Ujian Skripsi

Pengajuan seminar proposal dan ujian skripsi mengikut alur seperti pada Gambar di bawah ini.

Template TA

Silakan untuk menggunakan template berikut:

1. Untuk Proposal: http://bit.ly/TemplateProposalRevisi2

2. Untuk TA: http://bit.ly/TemplateTARevisi3