Sejarah dan Profil

Program Studi Geofisika (PSG) adalah program studi yang kedua di Jurusan Fisika (JF) FMIPA UNIB setelah sebelumnya memiliki Program Studi Fisika (PSF). PSG adalah program studi yang lahir sebagai muara dari salah satu bidang unggulan di PSF. Bidang unggulan PSF ada tiga buah yaitu: Fisika Instrumentasi- Komputasi, Geofisika dan Fisika-Kelautan yang sudah berjalan sejak tahun 2001. Pada tahun 2018 berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 400/KPT/I/2017 tentang Izin Pembukaan Program Studi Geofisika Program Sarjana pada Universitas Bengkulu di Bengkulu, maka sejak saat itu PSG mulai beroperasi. Berdasarkan Keputusan Menteri tersebut PSG menyusun rencana penerimaan mahasiswa baru, sehingga terlaksanalah penerimaan mahasiswa angkatan pertama tahun 2018. Sejak saat itu PSG telah melaksanakan proses pembelajaran sampai dengan saat ini.

Sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran PSG sudah tersusun dengan baik, sehingga sejak tahun 2018 setelah menerima mahasiswa angkatan pertama proses pembelajaran berjalan dengan lancar. Daya dukung lingkungan juga sangat membantu efisiensi dan relevansi implementasi kurikulum, terutama dalam usaha menciptakan atmosfir akademik yang kondusif. Karakteristik yang dimiliki oleh Bengkulu berupa berbagai gejala alam dan bahan tambang, seperti gempa bumi, gunungapi, batubara, emas, pasir besi dan lain-lain sangat erat kaitannya dengan bidang geofisika.

Untuk menunjang kompetensi lulusan PSG yang unggul, perlu disusun rencana strategis sebagai berikut: Pertama, peningkatan kualitas proses belajar mengajar, perbaikan kompetensi mata kuliah melalui peningkatan relevansi kurikulum sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indo­nesia (KKNI) dan perkembangan sains dan teknologi, peningkatan kemampuan staf dosen, dan peningkatan ke­lengkapan fasilitas sarana prasarana laboratorium, perpustakaan dan admin­istrasi. Kedua, perbaikan manajemen internal untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif yang didukung oleh leadership berkomitmen tinggi dan memihak pada kepentingan institusi dan layanan berkualitas pada stakeholder. Ketiga, peningkatan kualitas penelitian melalui kolaborasi antar bidang ilmu melalui kerjasama dengan individu, institusi, dan industri baik swasta maupun pemer­intah sehingga menghasilkan inovasi bagi peningkatan kualitas akademik, publikasi dan pengabdian masyarakat. Keempat, pengembangan jaringan dengan masyarakat luas melalui pertukaran ilmu, teknologi, dan sumber daya secara kultural dan edukasional. Kelima, peningkatan partisipasi aktif dalam pro­gram-program kompetitif yang didukung oleh pendanaan internal maupun external UNIB dan peningkatan kualitas pengelolaan dana yang transparan dan akuntabel.

PSG memiliki interest dan kekhasan sesuai dengan tuntutan dan dinamika perkembangan sains dunia dengan kajian pada daerah pesisir. Renstra PF ini merupakan arah pengembangan PF dalam mewujudkan visi PSG tahun 2030 sehingga dapat mensinergikan persepsi dan gerak langkah dari semua civitas akademika PSG dalam mencapai Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta sebagai dasar evaluasi terukur dan berkesinambungan menuju PSG yang diperhitungkan di Asia tahun 2030.