Kata Sambutan Kaprodi

SAMBUTAN KETUA PROGRAM STUDI GEOFISIKA

Assalamu’alaikumwrwb

Program Studi Geofisika FMIPA UNIB bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter, beradab, beretika, bermutu dan berdaya saing, menjadi rujukan untuk kajian Sumatera dan sekitarnya, mampu membantu stakeholder untuk eksplorasi dan eksploitasi SDA secara bijaksana dengan menjaga kearifan local dan kelestarian lingkungan.

Program Studi ini menyediakan program berkualitas tinggi dalam pendidikan Sarjana Geofisika yang didukung oleh fakultas, dosen, dan peralatan laboratorium yang memadai serta diperkaya dengan informasi yang diperoleh dari penelitian dosen yang bermutu. Perkuliahan yang menantang dan menarik dengan penekanan pada pemahaman konsep serta pemodelan fisis yang jelas dan nyata serta berorientasi pada mahasiswa.

Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman nyata dan memantapkan pemahaman melalui “Mata kuliah Workshop Geofisika” dan “Praktikum Mata Kuliah” mahasiswa dididik secara professional dalam pemecahan masalah, akuisisi data, pengolahan data, interpretasi dan manajemen proyek, kerja tim dan kepemimpinan, serta ketrampilan berkomunikasi. Pembelajaran di Prodi Geofisika akan dapat diselesaikan secara normal 8 semester (4 tahun). Proses pembelajaran ini dipandu oleh staf pengajar di home base Program Studi Geofisika dengan kualifikasi akademik yang sangat baik, terdiri dari2 orang Doktor, 1 kandidat Doctor, serta memiliki 5 orang Master dari Perguruan Tinggi Negeri ternama dan terakreditasi A.

Program Studi Geofisika memiliki laboratorium yang telah dilengkapi dengan peralatan praktikum untuk pemantapan konsep fisikasecara mendalam dan peralatan survey geofisika untuk mewujudkan lulusan dengan Bidang Keahlian Geofisika yang professional. Peralatan Geofisika yang telah tersedia adalah: Resistivity meter Multi-channel, Resistivity meter Single-channel, Induced Polarisation (IP), Proton Precision Magnetometer (PPM), Seismometer Multi-channel (Seismik Refraksi dan Gelombang Permukaan), Digital Portable Seismometer Tiga Komponen, GPS Geodetik, Magnetotelurik (MT). Audio Magnetotelurik (AMT), serta peralatan pendukung lainnya seperti kompas geologi, GPS navigasi, Hand Talk (HT), Earth Resistance Tester dan lain-lain.Jaringan luas computer, lingkungan kampus yang hijau, lingkungan kampus yang ramah dan bersahabat serta biaya hidup yang sangat terjangkau, sehingga menciptakan hidup nyaman dan atmosfir belajar bagi seluruh mahasiswa.

Wassalamu’alaikumwrwb,

 

REFRIZON