PERAN UNIVERSITAS BENGKULU DALAM MEWUJUDKAN SMAN 2 KOTA BENGKULU SEBAGAI SEKOLAH TANGGUH BENCANA

      Keberadaan Universitas Bengkulu pada provinsi yang berada pada daerah rawan bencana gempa bumi sangat dibutuhkan dalam upaya mitigasi bencana. Posisi provinsi bengkulu yang berada zona aktif tektonik menjadikan semua masyarakat untuk selalu waspada terhadap bencana gempa bumi. Pengetahuan penanganan dan mitigasi bencana gempa bumi yang dimiliki masyarakat Bengkulu tidak sepenuhnya lengkap, perlu dilakukan peningkatan dan sosialiasi mitigasi gempa bumi bagi setiap kelompok masyarakat termasuk dikalangan siswa-siswi sekolah menengah umum.

      Dosen Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Bengkulu di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) menunjukkan perannya sebagai instusi pendidikan tinggi dalam bentuk kegiatan pengabdian sosialisasi mitigasi gempa bumi pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kota Bengkulu. Kegiatan sosialisasi pada tanggal 26 Maret 2022 dilakukan oleh Tim Pengabdi yang diketuai oleh Dr. M. Farid, MS dan anggota Ibu Rida Samdara, MS, Ibu Dr. Riska Ekawita, M.Si dan Nanang Sugianto, S.Si., M.Sc. Kegiatan sosialisasi mitigasi bencana bertema “Bersahabat dengan Gempa Bumi untuk Mewujudkan Sekolah Tangguh Bencana” bertujuan untuk memberikan gambaran mitigasi yang bisa dilakukan oleh pihak sekolah SMAN 2 Kota Bengkulu baik dari kepala sekolah, guru-guru dan siswa-siswi. Sarana dan prasarana pendukung dalam proses mitigasi gempa bumi yang harus dimiliki oleh setiap sekolah menjadi hal yang penting untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan oleh gempa bumi.

(a). Halaman depan Presentasi

(b). Penyajian materi oleh Pembicara

      Tingkat pemahaman dari materi sosialisasi yang disampaikan oleh Tim Pengabdi kepada peserta dilihat dari diskusi dan tanya jawab yang dilakukan setelah penyampaian materi.  Tentu harapannya juga kekurangan sarana dan prasarana sebagai upaya mitigasi bencana gempa bumi dapat ditindak lanjuti oleh pihak sekolah dan pemerintah terkait dalam wujudnya dan tidak hanya sebatas pengetahuan secara teori. Sehingga dengan hal tersebut akan terwujud sekolah-sekolah yang tangguh bencana gempa bumi di provinsi Bengkulu.  Beberapa foto pelaksanaan kegiatan pengabdian sosialisasi mitigasi gempa bumi dapat dilihat berikut.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *