KULIAH UMUM: Kerangka Tektonik Indonesia & Mitigasi Bencana Alam Geologi

Senin (31/01), telah dilaksanakan kuliah umum bertajuk “Kerangka Tektonik Indonesia & Mitigasi Bencana Alam Geologi”. Kegiatan kuliah umum ini diadakan untuk pembekalan dalam proses masa pembelajaran Mahasiswa Jurusan Fisika pada tahun ajaran baru. Bapak Kustomo Hasan, B.Sc., M.Phil., Ph.D Direktur Operasional PT. Bara Mega Quantum yang menjadi narasumber pada kuliah umum kali ini menyampaikan Kerangka Tektonik Indonesia dan Mitigasi Bencana Alam Geologi.

Kuliah Umum Jurusan Fisika ini diadakan secara Hybrid yaitu, diadakan secara offline di Aula FKIK Universitas Bengkulu dan secara online melalui virtual zoom meeting. Pada kesempatan kali ini beliau menyampaikan mengenai kerangka tektonik Indonesia dan mitigasi bencana alam. Beliau menyampaikan bahwasanya di Indonesia sering sekali terjadi bencana alam karena Indonesia merupakan Negara yang berada di pertemuan 3 Lempeng Dunia yang bertabrakan yaitu Lempeng Samudera Pasifik, Lempeng Benua Eurasia, dan Lempeng Samudera Indo-Australia. Sehingga Negara Kepulauan Indonesia dikenal sebagai Ring of Fire karena terdapat gunung api sebanyak 33 % dari jumlah gunung api dunia, dan sebanyak 129 adalah gunung api aktif yang setiap saat bisa meletus.

Mengakhiri kuliah umum, Bapak Kustomo Hasan, B.Sc,, M.Phil., Ph.D menyampaikan untuk mengurangi resiko terkait bencana alam geologi yang akan terjadi maupun sudah terjadi harus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terlebih lagi menjadi seorang mahasiswa harus ikut serta dalam hal baik agar Masyarakat lebih waspada mengenai bencana alam yang sewaktu-waktu akan terjadi.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *